Selasa, 03 Januari 2017

Silabus IPA Kelas III



SILABUS
Nama Sekolah           : SD N Bangirejo 1
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester           : III/I
Standar Kompetensi   : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan anak (makanan, kesehatan, rekrasi, istirahat dan olahraga)

1.    Kognitif
Proses
a.    Siswa mempelajari perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
b.    Siswa mempelajari hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan anak
Produk
a.    Siswa mengetahui perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
b.    Siswa mengetahui hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan anak
2.    Afektif
Karakter/sosial
a.    Siswa dapat melakukan komunikasi.
b.    Siswa dapat melakukan tanya jawab.
c.    Siswa dapat berpendapat
Keterampilan Sosial
Siswa dapat berpendapat dan mengungkapkan pikirannya sesuai dengan tahap penetahuannya.
3.    Psikomotor
Siswa setelah mengetahui perubahan yang terjadi pada makhluk hidup maka berani menjelaskan kembali perubahan dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup dengan percaya diri dan semangat.

Perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,rekreasi, istirahat, dan olahraga)

·      Salah satu siswa memipin untuk berdoa
·      Guru mempresensi kehadiran siswa
·      Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru
·      Siswa melihat gambar perubahan pertumbuhan yang terjadi pada manusia
·      Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan guru
·      Siswa mengamati siklus pertumbuhan pada hewan. Hewan yang di pakai adalah pertumbuhan siklus pada katak.
·      Siswa berkelompok dengan satu meja mengerjakan soal esai kolom
·      Pembahasan diskusi kelompok
·      Guru memberikan lembar penilaian
·      Siswa mengerjakan soal lembar penilaian
·      Guru mengulang kembali materi yang sudah dipelajari apa dan memberi kesimpulan
·      Salah satu siswa memimpin berdoa
a.        Tertulis
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa menggunakan soal evaluasi.
b.        Kinerja
Guru dapat melakukan penilaian saat proses belajar berlangsung atau saat terjadi interaksi di dalam kelas, baik ketika belajar secara individu maupun kelompok.
c.         Penugasan
Bentuk penugasan yang lain misalnya siswa disuruh mengamati pertumbuhan yang terjadi pada dirinya sendiri

2 x 35  menit
 
Mulyati Arifin dkk, Ilmu Pengetahuan Alam, Depdiknas, Jakarta.
LKS
Gambar siklius pertumbuhan manusia, katak.

g2 x 35  menit gg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar