SILABUS
Nama Sekolah : SD N Bangirejo 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/I
Standar Kompetensi :
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Mendiskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan anak
(makanan, kesehatan, rekrasi, istirahat dan olahraga)
|
1.
Kognitif
Proses
a.
Siswa
mempelajari perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup
b.
Siswa
mempelajari hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan
anak
Produk
a.
Siswa
mengetahui perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
b.
Siswa
mengetahui hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan
anak
2.
Afektif
Karakter/sosial
a.
Siswa
dapat melakukan komunikasi.
b.
Siswa
dapat melakukan tanya jawab.
c.
Siswa
dapat berpendapat
Keterampilan
Sosial
Siswa dapat berpendapat dan mengungkapkan pikirannya sesuai
dengan tahap penetahuannya.
3.
Psikomotor
Siswa setelah mengetahui perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup maka berani menjelaskan kembali perubahan dan
hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup dengan percaya diri dan
semangat.
|
Perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan
hal-hal yang mempengaruhi pertumuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan,rekreasi, istirahat, dan olahraga)
|
·
Salah satu siswa memipin untuk berdoa
·
Guru mempresensi kehadiran siswa
·
Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru
·
Siswa melihat gambar perubahan pertumbuhan yang terjadi pada manusia
·
Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan guru
·
Siswa mengamati siklus pertumbuhan pada hewan. Hewan yang di pakai
adalah pertumbuhan siklus pada katak.
·
Siswa berkelompok dengan satu meja mengerjakan soal esai kolom
·
Pembahasan diskusi kelompok
·
Guru memberikan lembar penilaian
·
Siswa mengerjakan soal lembar penilaian
·
Guru mengulang kembali materi yang sudah dipelajari apa dan memberi
kesimpulan
·
Salah satu siswa memimpin berdoa
|
a.
Tertulis
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa
menggunakan soal evaluasi.
b.
Kinerja
Guru dapat melakukan penilaian saat proses belajar berlangsung
atau saat terjadi interaksi di dalam kelas, baik ketika belajar secara
individu maupun kelompok.
c.
Penugasan
Bentuk penugasan yang lain misalnya siswa disuruh mengamati pertumbuhan yang terjadi pada dirinya
sendiri
|
2 x 35 menit
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar