Minggu, 13 Januari 2013

Gule Pak Samin


Dilihat dari daftar menunya, sekilas warung sate kambing Pak Samin tidak berbeda dengan warung sate kambing lainnya, ada sate, sate buntel, tongseng, gule, dan nasi goreng kambing. Tapi di sini ada satu menu spesial, dan tak ada duanya di Solo. Menu itu adalah Gulgor, alias gule goreng.
Mungkin Anda bakal sulit membayangkan seperti apa gule goreng itu. Sebenarnya, gule goreng diolah dari gule kuah biasa. Saat ada pesanan, isi gule kuah yang terdiri dari jeroan kambing diambil dan ditiriskan, baru kemudian digoreng. Jeroan itu terus dibolak-balik saat digoreng agar benar-benar kering dan renyah. Gule goreng ini tidak lagi ditambahi bumbu, kecuali sedikit garam.

Gule goreng disajikan terpisah dengan kuah gule, Anda bisa memakannya dengan nasi, atau di-gado saja sebagai camilan. Rasa gulgor ini benar-benar gurih dan garing kriuk! Harga satu porsi gule goreng Rp 15.000.
Pak Samin memulai usahanya sejak tahun 1967. Setiap harinya Pak Samin membutuhkan 2-3 ekor kambing untuk warungnya, kambing yang digunakan pun hanya kambing yang masih berusia muda.
Minuman yang ditawarkan di warung ini juga ada satu yang spesial, yakni limun sarsaparilla. Yang dijual di sini mereknya Indo Saparella. Minuman jadul ini hadir dengan kemasan botol baru yang unik, tidak dalam kemasan vintage bertutup keramik seperti yang ditawarkan di warung soto Kadipiro Jogja. Hmmm, benar-benar segar meminum minuman bersoda ini setelah menyantap gule goreng yang renyah. Mau?
Buka    : 06.30-14.00 WIB
Alamat: Jl. Diponegoro, perempatan Pasar Pon
Telp     : 0271-639747

Tidak ada komentar:

Posting Komentar