Jumat, 18 Oktober 2013

IPA Kelas 5 SD

ALAT PERNAPASAN MANUSIA

Standar Kompetensi:
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia


1.    Organ Pernapasan Manusia
Organ pernapasan manusia meliputi : hidung, saluran pernapasan (faring, laring, trakea, bronchus, bronkeolus, alveolus) dan paru-paru.
a.    Hidung
Hidung merupakan organ pertama yang dilalui oleh udara. Di dalam rongga hidung terdapat bulu-bulu hidung dan selaput lender yang berfungsi sebagai penyaring, penghangat dan pengatur kelembaban udara yang akan masuk ke paru-paru.
b.    Saluran Pernapasan
1.    Faring (tekak) merupakan persimpangan antara kerongkongan dan tenggorokan. Terdapat katup yang disebut epligotis (anak tekak) berfungsi sebagai pengatur persimpangan ke kerongkongan dan tenggorokkan.
2.    Laring adalah pangkal tenggorokan, terdiri atas kepingan tukang rawan membentuk jakun dan terdapat celah menuju batang tenggorok (trakea) disebut glottis, di dalamnya terdapat pita suara dan beberapa otot yang mengatur ketegangan pita suara sehingga timbul bunyi.
3.    Trakea (Batang Tenggorok) berupa pipa yang dindingnya terdiri atas 3 lapisan, yaitu lapisan luar terdiri atas jaringan ikat, lapisan tengah terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan dan lapisan dalam terdiri atas jaringan epithelium besilia.
4.    Bronchus merupakan perabangan trakea yang menuju paru-paru kanan dan kiri. Struktur bronchus sama dengan trakea, hanya dindingnya lebih halus.
5.    Bronkhrolus merupakan percabangan dari bronchus. Bronkheolus kiri berjumlah 2, sedangkan kanan berjumlah 3, percabangan ini akan membentuk cabang yang lebih halus seperti pembuluh.
6.    Alveolus berupa gelembung-gelembung udara. Alveolus sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.

c.    Paru-paru
Paru-paru kanan 3 gelambir dan paru-paru sebelah kiri 2 gelambir. Paru-paru terletak di rongga dada di atas diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut). Paru-paru manusia terbungkus oleh selaput yang disebut pleura.
1.    Proses Pernapasan atau respirasi pada Manusia
Untuk melakukan pernapasan, paru-paru bergerak kembang kempis. Kembang kempisnya paru-paru dipengaruhi oleh diafragma dan rongga dada. Adanya dua hal yang mempengaruhi kembang kempisnya paru-paru, maka pernapasan dibedakan menjadi dua macam yaitu :
a.    Pernapasan dada yaitu pernapasan yang di bantu oleh otot antar ruling rusuk. Saat otot antar tulang rusuk berkontraksi, rongga dada membesar udara luar masuk ke paru-paru (inspirasi). Sebaliknya saat otot antar tulang rusuk relaksasi, rongga dada menyempit, akibatnya udara keluar dari paru-paru (ekspirasi).
b.    Pernapasa perut yaitu pernapasan yang dibantu oleh otot diafragma.
Saat otot diafragma berkontraksi, diafragma mendatar sehingga rongga dada membesar, akibatnya udara luar masuk ke paru-paru (inspirasi). Sebaliknya saat otot diafragma relaksasi, diafragma melengkung rongga dada menyempit.
2.    Penyakit yang Menyerang Organ Pernapasan Manusia
a.    Emfisema yaitu penyakit paru-paru mengalami pembengkakan karena pembuluh darahnya kemasukan udara.
b.    Asma merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkn oleh alergi, seperti debu, bulu, ataupun rambut. Kelainan ini dapat diturunkan. Kelainan ini juga dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.
c.    Kanker paru-paru, penyakit ini merupakan salah satu yang paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh,salah satu pemicu kanker pari=paru adalah kebiasan merokok. Rekokok dapat memicu terjadinya kanker paru-paru dan kerusakan paru-paru.

d.    Tuberculosis (TBC) yaitu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.
e.    Bronkhitis yaitu penyakit pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi atau peradangan pada bronkhea.
f.     Influenza (flu) merupakan penyakit yang disebabkan ileh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam dan pilek.
3.    Memelihara kesehatan alat pernapasan
Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan kita adalah dengan melakukan pola hidup sehat.
a.    Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan yang ada disekitar kita harus senantiasa bersih, sehingga tidak ada debu yang berterbangan. Selain itu, agar udara di rumah kita tetap bersih maka di rumah harus tersedia luang udara atau ventilasi yang cukup.
b.    Makan makanan bergizi
Dengan makanan bergizi maka daya tahan tubuh kita akan meningkat.
c.    Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur dapat melancarkan pernapasan, sehingga alat-alat pernapasan pun dapat bekerja dengan baik.
d.    Mengadakan penghijauan
Dengan penghijauan di sekitar rumah, sekolah dan tepi jalan dapat mengrangi udara kotor yang diakibatkan oleh asap rokok, asap kendaraan bermotor dan lain-lain.


SOAL
1.    Kita bernapas menghirup udara bebas yang diambil adalah……
2.    Organ pernapasan manusia yang merupakan cabang dari trakea adalah…..
3.    Sekat antara rongga dada dan rongga perut adalah…….
4.    Selaput pembungkus paru-paru dinamakan…..
5.    Paru-paru manusia terletak di dalam…..
6.    Bagian system pernapasan yang  bentuknya gelembung-gelembung kecil di ujung percabangan bronkheolus di sebut….
7.    Paru-paru sebelah kiri terdiri ….. gelambir
8.    Cabang dari trachea dalam system pernapasan manusia dinamakan…….
9.    Gelembung alveolus berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran…….
10. Persimpangan antara kerongkongan dan tenggorokan adalah…….


PEMBAHASAN

1.    Oksigen
2.    Bronchus
3.    Diafragma
4.    Pleura
5.    Di rongga dada di atas diafragma.
6.    Alveolus
7.    2 gelambir
8.    Diafragma
9.    Oksigen dan karbondioksida
10. Faring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar