IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Statistik Dan Komputer Pendidikan
Dosen: Prof. Dr. Budi Murtiyasa
Disusun Oleh:
Riyandika Putri Dani
Q100160109
MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016
A.
Pendahuluan
Perubahan
lingkungan di dunia, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai
politik telah memberikan dampak dalam berbagai segi hal kehidupan. Perubahan
tersebut juga terjadi di dalam dunia pendidikan dan pada proses pembelajaran.
Teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu perubahan dan
perkembangan di era sekarang ini mengharuskan dunia pendidikan memikirkan
kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi
sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut.
Seiring dengan
perkembangan zaman dan era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan
pemanfaatan teknologi informasi komunikasi, maka konsepsi penyelenggaraan
pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran yang modern.
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media
komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara
guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga
dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan
layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat
memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui
penggunaan komputer atau internet.
B. Pengertian Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK)
Teknologi
Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua
aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena
itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang
tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
C. Pengaruh Penerapan TIK Dalam Pembelajaran
Komputer
sebagai media yang sangat diperlukan oleh masyarakat karena dengan
berkembangnya teknologi ini maka proses informasi pun akan semakin berkembang
pula dan masyarakat sangatlah memerlukan hal tersebut. Masyarakat mulai dari
usia sekolah dasar dibekali pendidikan tentang penggunaan komputer. Inilah yang
membuat TIK mempunyai peranan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia,
adanya peningkatan kebutuhan berbagi informasi dan pengetahuan dengan
memanfaatkan TIK menjadi menjadi salah satu alasan mengapa hal seperti perpustakaan
online sangatlah diperlukan untuk membantu pendidikan di Indonesia ini. Berikut
ini dampak dari adanya perkembangan TIK yang terjadi diera modern sekarang ini
dalam dunia pendidikan:
1.
Dampak Positif :
a.
Siswa akan lebih mudah untuk mengakses dan mendapatkan informasi
yang ada kaitanya dalam dunia pendidikan sehingga dengan hal tersebut akan
membuat seorang siswa menjadi lebih kaya akan informasi dan memanfatkan
waktunya seefisien mungkin.
b.
Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi
e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan. Seorang guru juga akan
lebih mudah dalam berinovasi untuk menentukan model belajar yang sesuai dengan
para siswanya melalui TIK.
c.
Kemajuan TIK juga akan
memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis
teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada
dalam satu ruangan.
d.
Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin
mudah dan lancar karena adanya penerapan system TIK pada setiap komponen
seperti : Akses ke perpustakaan,
Akses ke pakar, Melaksanakan kegiatan
kuliah secara online, Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi
pendidikan, Menyediakan fasilitas mesin pencari data, Meyediakan fasilitas
diskusi, Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah, Menyediakan
fasilitas kerjasama,dan lain – lain.
2.
Dampak Negatif :
a.
Kemauan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran
terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses
data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
b.
Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan
sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam
menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
c.
Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk
berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short
span of attention).
TIK menjadi
salah satu media perubahan dalam proses pembelajaran atau pendidikan. Dahulu
proses belajar biasanya hanya dilakukan di dalam sebuah ruang kelas dimana
terdapat siswa dan guru, tetapi sekarang ruang kelas tidak hanya dibatasi oleh
dinding dan papan tulis saja. Kegiatan belajar pun sekarang dapat dilakukan
dengan lebih interaktif dan bersifat dua arah. Proses belajar yang cenderung
pasif saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh para siswa dan guru. Dengan
hadirnya internet para siswa dituntut untuk belajar mandiri dalam penyerapan
informasi. Informasi tidak hanya didapat dari pendidik tetapi juga dari media
komputer, sehingga dapat mendorong peningkatan efisiensi pengelolaan kegiatan
belajar mengajar guna mencapai tujuan pendidkan yang telah dicanangkan sejak
awal berdiinya Negara indonesia.
Kendala yang
dihadapi sekarang ini adalah masih adanya kesenjangan antara satu wilayah
dengan wilayah lainnya karena persebaranya yang sulit untuk disetarakan pada
seluruh, jaringan internet yang ada di Indonesia belum merata, oleh karena itu
penyerapan informasi maupun pembagian informasi melalui internet untuk
pendidikan belumlah seimbang, terutama untuk para pelajar maupun pendidik di
daerah terpencil. Sistem komunikasi dan informasi sangat diperlukan sebagai salah
satu komponen penunjang aktivitas pendidikan. Untuk itu peran berbagai pihak
sangatlah diperlukan untuk memberikan pengarahan dan pengawasan tentang
penggunaan dan manfaat dari internet itu sendiri. Karena hal ini ibarat sebuah
mata pisau yang bisa digunakan secara positif dan negatif tergantung dari si
pemakai itu sendiri. Semoga dengan adanya perkembangan TIK yang semakin pesat
ini pendidikan Indonesia akan menjadi lebih baik lagi dan para pelajar
Indonesia memiliki wawasan internasional namun tetap mempertahankan nilai-nilai
luhur bangsa Indonesia guna Indonesia yang lebih baik lagi dan akan semakin
maju.
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikanpengaruh terhadap
dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Keuntungan peserta didik
dari pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi:
a.
Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
b.
Akses sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah
c.
Akses ke para ahli menjadi lebih mudah
d.
Melalui belajar jarak jauh kendala biaya dan waktu dapat dibatasi
dengan kelas online
Profesi
pendidik merupakan suatu bidang yang memerlukan profesionalisme dalam
menjalankannya. Kompetensi TIK guru adalah kemampuan guru dalam mengembangkan
inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan TIK baik dalam merencanakan,
melaksanakan, maupun mengevaluasi pembelajaran, baik pada aspek kompetensi
pedagogi, personal, profesional, maupun sosial.
Kompetensi TIK
bagi guru sekurang-kurangnya mempunyai dua fungsi, yaitu TIK sebagai pengembangan diri dan TIK sebagai penunjang
proses pembelajaran. Guru yang mampu menerapkan TIK dalam pembelajaran dapat
disebut telah memenuhi kemampuan dasar sebagai guru profesional yang handal
untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan sesuai dengan
perkembangan modern. Peran TIK dalam meningkatkan profesionalisme pendidik
diantaranya:
a.
TIK membantu guru menjalankan fungsinya sebagai fasilitator
pembelajaran
b.
TIK membantu guru mewujudkan model-model pembelajaran yang
interaktif, inovatif, dan kreatif
c.
TIK menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien
d.
TIK mempermudah guru mencapai kemampuan dasar sebagai seorang
pendidik
e.
TIK membantu guru
menciptakan sistem pembelajaran yang mandiri
D. Kesimpulan
Teknologi
Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang
terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar
media. TIK mempunyai peranan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia,
adanya peningkatan kebutuhan berbagi informasi dan pengetahuan. Kegiatan
belajar pun sekarang dapat dilakukan dengan lebih interaktif dan bersifat dua
arah. Proses belajar yang cenderung pasif saat ini sudah mulai ditinggalkan
oleh para siswa dan guru. Dengan hadirnya internet para siswa dituntut untuk
belajar mandiri dalam penyerapan informasi.
Kendala yang
dihadapi sekarang ini adalah masih adanya kesenjangan antara satu wilayah
dengan wilayah lainnya karena persebaranya yang sulit untuk disetarakan pada
seluruh, jaringan internet yang ada di Indonesia belum merata.
Seorang guru
yang profesional harus menguasai kemampuan dasar TIK dan diharapkan mampu
menerapkan dan menggunakannya untuk kepentingan pendidikan. Dengan hadirnya
internet para siswa dituntut untuk belajar mandiri dalam penyerapan informasi.Profesionalisme
guru sangat ditentukan oleh kompetensi profesionalnya. Kompetensi profesional
guru tidak terlepas dari dukungan TIK. Dengan kata lain seorang guru yang
profesional harus menguasai kemampuan dasar TIK dan diharapkan mampu menerapkan
dan menggunakannya untuk kepentingan pendidikan.
Daftar Pustaka
Albugarni, and
friends. 2015. Success Factors for ICT Implementation in Saudi Secondary
Schools: From the Perspective of ICT Directors, Head Teachers, Teachers and
Students . International Journal of Education and Development using Information
and Communication Technology.
Fu, Jo Shan.
2013. A Critical Literature Review and Its Implications.International
Journal of Education and Development using Information and CommunicationTechnology.
Terdapat dalam
https://www.questia.com/read/1P3-2974502991/ict-in-education-a-critical-literature-review-and
(28 Maret 2016 Pukul 21.00 WIB)
Karami, and
friends. 2013. Integrating Problem-Based Learning with ICT for Developing
Trainee Teachers' Content Knowledge and Teaching Skill. International
Journal of Education and Development using Information and Communication
Technology. Terdapat dalam
https://www.questia.com/read/1P3-2974502941/integrating-problem-based-learning-with-ict-for-developing (15 September 2016 Pukul 19.10
WIB)
http://antoxsblog.blogspot.co.id/2012/01/pengaruh-tik-dalam-dunia-pendidikan.html
(15 September 2016 Pukul 19.42 WIB)
International
Society for Technology in Education. (2000). National Educational Technology
Standars for Teacher: International Society for Tecnology in Education
James,
(1999).School Based Planning In Information And Communication Technology:
Principles, Templates & Guildelines
Tidak ada komentar:
Posting Komentar